Beginilah Cara Penulisan Gelar Akademik Yang Tepat

Di samping kita, Dahlan Iksan dan Jokowi adalah orang yang membuktikan diri memiliki hampir semua hal walaupun tidak memiliki gelar Magister atau doktor. Gelar untuk doktor atau sarjana strata 3 atau S3 sendiri menggunakan “Dr.” yang disematkan di awal nama. Sedangkan untuk diploma, terdapat awalan “A.P.” untuk Ahli Pratama atau D1, “A.Ma.” untuk Ahli Muda atau D2, dan “A.Md.” untuk Ahli Madya atau D3. Bagi Kamu yang memiliki cita-cita untuk menjadi dosen di program studi komunikasi maka untuk mewujudkannya harus melanjutkan program master atau S2.

Satu hal lagi, penulisan gelar ganda yang kedua di gelar tersebut diletakkan di belakang nama penyandang gelar. Bahwasanya, selama ini kita sering menjumpai bahkan mungkin, menjadi pelaku sendiri penulisan gelar ganda yang tidak memperhatikan tata cara penulisan yang benar. Contoh penulisan gelar Doktor pada contoh tersebut adalah penulisan yang benar. Di mana gelar Doktor disingkat dengan huruf besar semua, yakni “DR” bukan “dr”. Kini, di Amerika, Sarjana Hukum adalah gelar profesional Anda ambil gelar sarjana dulu, baru kemudian masuk fakultas hukum Dan ketika saya kuliah di fakultas hukum, saya tidak begitu berprestasi.

Jadi, Anda tak bisa sembarangan dalam membuat gelar seseorang, ya! Sebab, salah sedikit bisa saja salah makna dari gelar tersebut. Sebelum menulisnya, terlebih untuk gelar akademik, baiknya cari tahu dulu gelar-gelar apa saja yang ada. Penulisan gelar Bachelor dan Master mirip dengan penulisan gelar akademik di Indonesia. Di awali dengan huruf “B” dan “M” kemudian dilanjutkan dengan inisial gelar masing-masing jurusannya. Gelar Doktor merupakan gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan strata-3.

Akronim sendiri merupakan singkatan dari rangkaian huruf, yang pelafalannya disesuaikan dengan bentuk komplit dari singkatan tersebut. @Pak Ardian Ulvan, semua gelar dan ijazah luar negeri yang ingin dipakai di Indonesia terlebih di instansi pemerintah wajib DISETARAKAN bukan DIAKREDITASIKAN. Dikti tidak dalam posisi memberi pengakuan terhadap ijazah dan gelar LN, hanya menyetarakannya dengan gelar di Indonesia. Tak pernah ada istilah “AKREDITASI” gelar yang diperoleh di LN. Harap maklum penyetaran ijazah LN bukan dilaksanakan oleh SATU ORANG penilai, itu melalui Team Penilai ijazah Luar negei yang terdiri dari para Pakar dan Ahli yang sudah pernah studi lanjut di manca negara. Sebelumnya sudah saya jelaskan, kurikulum dari program profesi dan spesialis merupakan hasil kesepakatan antara PT dan organisasi Profesi yang tetap berpedoman pada sk 232 dan KBK.

Sarjana diwakili dengan huruf S besar di bagian akhir nama yang ditulis setelah tanda koma dan spasi sehabis nama dari si pemilik gelar. Huruf S tersebut diikuti dengan bidang keahlian yang dimiliki orang tersebut. Informasi di atas dapat Kamu jadikan sebagai sumber referensi untuk menulis gelar sarjana. Selain itu, disajikan juga beberapa contoh penulisan gelar sarjana komunikasi baik untuk lulusan perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *